Usai Serahkan Bantuan, Menteri Sosial RI Tatap Muka dengan Warga Serap Aspirasi

0
43

Tual, Malanesianews – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menapakkan kaki di dermaga Elat, Kec. Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, sebagai awal dari kunjungannya di wilayah tersebut.

Setelah serangkaian kegiatan saat tiba di pelabuhan Elat, Tri Rismaharini menuju Ohoinangan untuk menyerahkan bantuan sosial berupa air bersih, bantuan pemberdayaan kelompok peternak ayam, serta rumah sejahtera terpadu bagi warga di daerah itu.

Usai serahkan bantuan, Rismaharini meluangkan waktunya bertatap muka dengan warga untuk menyerap aspirasi. Pada pertemuan itu, warga menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pemerintah dalam menjawab persoalan yang dialami selama ini.

“Yang terhormat ibu Menteri. Kampung kami ini sangat susah dengan air, dan itu dialami sejak leluhur. Bila musim hujan, maka agak lumayan, tapi kalau musim kemarau, kami harus mengambil air di kali yang harus ditempuh sangat jauh, dengan jalanan licin, tapi harus kami lakukan demi mendapatkan air. Kami warga Ohoinangan merasa sangat bangga dan berterima kasih kepada ibu Menteri yang sudi berkunjung ke ohoi kami, seklaigus memberi bantua diantaranya air bersih dan RST,” kata warga.

Warga juga menyuarakan sejumlah harapan, agar dilakukan perbaikan jalan, bantuan nelayan dan petani, khususnya perawatan tanaman sayur yang digeluti kelompok tani setempat.

Menanggapi aspirasi warga, Menteri Sosial RI mengatakan, tugas kementerian yang dipimpinnya lebih mengarah pada bantuan penyediaan air pedesaan, sementara untuk penyediaan air bersih di perkotaan adalah kewenangan PU.

Khusus untuk aspirasi petani, Rismaharini langsung memerintahkan staf dan petugas yang hadir untuk mengambil sampel tanaman dimaksud, agar penanganan lebih sesuai dengan yang dikehendaki.

“Kalau air pun saya air pedesaan, bukan untuk yang kota, bukan yang PDAM kota, itu bukan. Saya nggak boleh urus itu, karena itu urusan ke-PU-an. Baik pak, nanti saya komunikasikan, saya coba bagaimana caranya, mohon maaf saya arsitek, saya nggak ngerti hama. Nanti saya carikan orang yang ngerti, nanti kebutuhannya akan saya kirim, ya? untuk hama, apa nda mungkin teman-teman ada yang ngambil contoh daunnya ? nggak bisa difoto, karena harus diteliti. Naik motor ajalah, kalau nggak aku sendiri lho!?,” kata Mensos Tri Rismaharini.

Ia berharap, apa yang diberikan dapat meringankan permasalahan yang dialami warga, seraya meminta masyarakat merawat bantuan-bantuan yang diterima sebaik-baiknya.

Usai menyerahkan bantuan dan melakukan tatap muka dengan warga Ohoinangan, Mensos RI langsung menuju PUSKESMAS Rawat Inap Elat untuk melanjutkan kegiatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here