Tekan Penyebaran Penyakit Malaria Pemkab Jayapura Berikan Sosialisasi dan Bagikan Kelambu Gratis

0
95

Jayapura, Malanesianews, – Dengan masih banyaknya kasus tercatat Penyakit malaria pada 2023 sebanyak 45. 462 kasus, yang tersebar 19 distrik di Kabupaten Jayapura, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura, Papua membagikan kelambu secara gratis kepada warga di 139 kampung dan lima kelurahan untuk menekan angka penyebaran malaria.

“Memang malaria masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat karena kalau tidak dicegah atau ditangani dengan baik maka akan berakibat fatal, dan juga penyakit malaria berada di urutan kedua kasus pesakitan di daerah ini.,” Ujar Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura Edward Sihotang di Sentani.

“Kebiasaan masyarakat yang tidur tanpa kelambu maupun rumah yang sifatnya terbuka akan membuat nyamuk gampang masuk dan menggigit sehingga pembagian kelambu serta sosialisasi tentang malaria terus diberikan,” Lanjutnya.

Menurut Sihotang, dengan pembagian kelambu oleh petugas maupun kader posyandu maka diharapkan angka penyebaran malaria dapat dikendalikan.

Dia menjelaskan penyakit malaria tercatat sebanyak 45.462 kasus pada 2024 dimana laki-laki 26.351 kasus sedangkan perempuan 19.111 kasus atau 226,9 per 1.000 penduduk.

Dia menambahkan masyarakat yang merasa demam dan tidak turun supaya segera memeriksakan diri ke pustu atau puskesmas terdekat.

“Lebih awal memperoleh penanganan malaria lebih bagus karena dapat sembuh dengan cepat dan bisa kembali menjalankan aktivitas seperti biasa,” Ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here