Fakta Menarik di Maluku Tenggara: Dari Pesona Meti Kei Hingga Makanan Khas Embal

0
61

Tual, Malanesianews, – Maluku Tenggara merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Maluku yang beribu kota di Langgur.

Kabupaten dengan luas wilayah mencapai 1.031,81 ini memiliki fakta unik dan menarik mulai dari Festival Pesona Meti Kei hingga Makanan Khas Embal. Berikut fakta-fakta menarik yang dirangkum Malanesia.News.


1. Festival Pesona Meti Kei
Festival Pesona Meti Kei adalah festival yang terinspirasi dari tradisi Meti, sebutan masyarakat Indonesia Timur untuk fenomena alam ketika air laut surut sangat jauh di pesisir pantai. Saat terjadi Meti, masyarakat berbondong-bondong memenuhi pantai yang sedang surut untuk mencari ikan, dll.

Event tersebut diselenggarakan setiap tahun di Kepulauan Kei sejak tahun 2016. Biasanya digelar pada bulan September atau Oktober. Kini Festival Pesona Meti Kei masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021, sebuah program dari Kemenparekraf untuk menggerakkan perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pada event ini, berbagai kegiatan akan dilakukan seperti atraksi bahari, karnaval budaya hingga berbagai lomba menarik yang diharapkan dapat menarik dan mendatangkan wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.


2. Gelang Akar Bahar
Gelang Akar Bahar oleh masyarakat di Kepulauan Kei dmipercaya dapat menjadi penolak bala dan pembawa keberuntungan. Kepercayaan ini masih diyakini oleh masyarakat karena berkaitan dengan tradisi nenek moyang.

Gelang Akar Bahar terbuat dari akar pohon Keswari yang banyak tumbuh di dasar laut Maluku Tenggara, dan Indonesia Timur pada umumnya. Berwarna hitam pekat, akar ini akan dibentuk melingkar sesuai ukuran pergelangan tangan orang dewasa hingga anak-anak.

Bagi anda yang ingin mengenakan Gelang Akar Bahar, bisa membeli dengan harga mulai dari Rp20 ribu hingga Rp50 ribu, tergantung ukuran dan motifnya. Semakin rumit motif ukirannya, semakin mahal pula harganya.


3. Koleksi Patung dan Gerabah
Maluku Tenggara merupakan tempat yang pas bagi kalian yang menyukai koleksi barang-barang unik. Ada banyak jenis patung dan gerabah yang dapat anda dapatkan untuk menghiasi sudut-sudut rumah.

Patung yang terbuat dari bahan dasar kayu ini memiliki beban yang cukup berat.
Selain itu, tanah liat yang digunakan untuk membuat Gerabah juga merupakan tanah pilihan bukan sembarangan tanah liat. Kedua jenis barang unik tersebut memiliki bentuk dan ukiran yang mempunyai filosofi tersendiri dari budaya nenek moyang masyarakat Maluku Tenggara.

Bentuk-bentuk kebudayaan yang berkaitan dengan Manusia dan alam digambarkan secara indah di atas kayu atau Gerabah. Anda bisa mendapatkan barang-barang unik tersebut di daerah Tumbur, sebuah Desa yang terkenal sebagai penghasil Patung dan Gerabah.

Harganya cukup beragam dan terbilang mahal karena bahan yang digunakan juga berkualitas tinggi.


4. Wisata Maluku Tenggara
Maluku Tenggara memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri. Satu diantaranya adalah Pantai Ohoidertawun, karena memiliki karakteristik khas saat air laut pasang yang cukup luas.

Selain itu ada juga Pantai Ngurtafur yang unik karena pasir pantainya menjolor ke depan seperti membagi lautan. Pada musim tertentu, di pantai ini anda dapat menyaksikan kawanan Burung Pelikan yang berkumpul di pantai.

Desninasi wisata lainnya yaitu Gua Air Tawar, Gua Hawang, Pantai Ohoi Dertawun, Pantai Pasir Timbul, Pulau Bair, Desa Banda Eli, Pulau Kapal, Mata Air Nen Masil Evu, dan masih banyak lagi.


5. Desa Wisata Soinrat
Desa Wisata Soinrat merupakan salah satu dari 192 Desa yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara, terletak di Kecamatan Kei Besar. Ohoi Soinrat memiliki burung endemic khas Kepulauan Kei. Atraksi bird watching sangat menarik bagi para pecinta burung di seluruh dunia.

Bebebrapa burung endemik di Ohoi Soinrat yaitu Great Kei White Eye, Kei Island Coucal, Kei Island Pygmy Parrot, Kei Monarch dan masih banyak lainnya. Untuk menjelajahi keindahan ini, para wisatawan akan dituntun oleh pemandu lokal yang sudah berpengalaman.

Selain burung endemik, Ohoi Soinrat juga memiliki flora dan fauna termasuk serangga yang masuk dalam catatan Alfred Wallace.

Di samping itu, Desa Wisata Soinrat mempunyai potensi wisata seperti Air Terjun, Danau, dan Pulau, salah satu yang terkenal adalah Air Terjun Ai Moun Ni Ohoi. Sedangkan untuk potensi budaya terdapat tradisi penangkapan ikan dan tarian trasional.


6. Kuliner Khas “Embal”
Ada banyak kuliner khas di Kepulauan Kei, salah satunya adalah Embal, yaitu makanan yang terbuat dari pohon Embal (mirip singkong) dan teksturnya keras. Rasanya tawar serta berwarnah putih.

Cara makan Embal cukup unik, yaitu anda harus mencelupkan ke dalam kuah ikan atau teh panas sebelum dimakan agar tidak keras. Namun bisa juga langsung dimakan tanpa harus dicelupkan.
Dalam perkambangannya, terdapat banyak jenis Embal mulai dari Embal Kacang hingga Embal Kejua. Anda dapat membelinya di pasar atau pusat penjualan oleh-oleh baik di Kabupaten Maluku Tenggara maupun Kota Tual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here